Friday, September 19, 2014    
Home  
Hasil Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-18 ASEAN 7-8 Mei 2011
Hasil Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-18 ASEAN 7-8 Mei 2011

Pernyataan Bersama tentang Komunitas ASEAN dalam Komunitas Global Bangsa-bangsa Disepakati pada tahun 2022, ASEAN akan memiliki suatu posisi bersama (common platform) dalam menghadapi isu-isu global yang menjadi kepentingan bersama, dengan ciri: lebih terkoordinasi, kohesif, dan koheren; menguntungkan bagi rakyat negara-negara anggota ASEAN; menjunjung tinggi prinsip-prinsip dasar, nilai-nilai, dan norma-norma ASEAN; penguatan kapasitas Sekretariat ASEAN

Pernyataan Bersama tentang Pembentukan Lembaga ASEAN untuk Perdamaian dan Rekonsiliasi
Melakukan kajian atas penyelesaian konflik, menjalin jejaring regional dengan lembaga-lembaga lainnya, serta dapat memberikan pandangan dan masukannya kepada pemerintah negara-negara anggota ASEAN

Pernyataan Bersama untuk Meningkatkan Kerjasama dalam Menghadapi Perdagangan Manusia di Asia Tenggara

Menguatkan komitmen dalam memberantas perdagangan manusia

Pernyataan Ketua ASEAN yang memuat a.l. 10 prioritas langkah-langkah kedepan yaitu:
  1. ASEAN Connectivity. KTT mendorong agar Konektivitas ASEAN dapat segera diwujudkan dan mendorong konektivitas pada tingkat nasional
  2. Ketahanan Pangan dan Energi (Food and Energy Security). Memperkuat Kerjasama ketahanan pangan secara lebih sistematis dan mengembangkan inovasi sumber-sumber energi (termasuk geothermal-power dan hydro-power)
  3. Manajemen Konflik di Kawasan. Penyelesaian dan Manajemen Konflik (Conflict Resolution and Management). Pembahasan conflict resolution dan conflict management dalam KTT dikaitkan dengan isu persengketaan wilayah perbatasan antara Kamboja–Thailand. Terdapat pengakuan dan apresiasi atas peranan Indonesia dalam menjembatani dan memfasilitasi kedua belah pihak untuk menyelesaikan permasalahan secara damai
  4. Memperkuat Arsitektur Regional. Arsitektur Kawasan (Regional Architecture). Menghadapi dinamika kawasan yang terjadi, perlu diciptakan suatu “dynamic equilibrium” guna mendorong suatu lingkungan yang kondusif bagi keberlangsungan pembangunan ekonomi di kawasan.
  5. ASEAN yang lebih Memasyarakat. ASEAN yang berorientasi kepada Rakyat (People-Oriented ASEAN), antara lain : Telah diadakan pertemuan antara para Pemimpin ASEAN dengan Perwakilan-perwakilan ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA), masyarakat madani ASEAN dan kalangan Pemuda ASEAN. Menyambut prakarsa Indonesia untuk penyelenggaraan ASEAN Culture and Creative Fair dalam rangkaian KTT ke-19 ASEAN di Bali.
  6. Penanganan Bencana Alam (Disaster Management). Melanjutkan latihan bersama di bidang penanggulangan bencana sebagaimana yang telah dilakukan pada saat ARF DiREx (Disaster Relief Exercise) di Manado bulan Maret 2011. Dukungan untuk operasionalisasi secara penuh AHA Centre.
  7. Mempererat Kerja Sama Sub Kawasan (Sub-Regional Cooperation). Telah diadakan KTT ke-7 Brunei-Indonesia-Malaysia-Philippines East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA) yang menggarisbawahi perlunya memperkuat aktivitas bagi pemajuan ekonomi sub-kawasan (termasuk IMT-GT) untuk mengurangi kesenjangan dan menanggulangi kemiskinan, sekaligus meningkatkan daya saing kawasan.
  8. East Asia Summit 2011. EAS sebagai forum kolaboratif negara-negara di kawasan diarahkan untuk melakukan pembahasan isu-isu strategis, termasuk agenda politik-keamanan.
  9. Keanggotaan Timor Leste di ASEAN. Timor-Leste (Permintaan resmi Timor-Leste untuk menjadi anggota ASEAN). Para Menlu Negara Anggota ASEAN telah ditugaskan untuk membahasnya dalam Dewan Koordinasi ASEAN (ACC), dan memberikan rekomendasi kepada para Pemimpin ASEAN untuk kemudian mendapatkan keputusan di tahun ini.
  10. Pertukaran Chairmanship ASEAN antara Lao PDR dan Myanmar. Myanma. KTT menyambut keberlangsungan upaya demokratisasi dan rekonsiliasi yang terbuka di Myanmar. Terkait keinginan Myanmar untuk bertukar masa Keketuaan ASEAN dengan Laos di tahun 2014, KTT pada umumnya terbuka dengan hal tersebut.

 

 


Posted on Friday, May 20, 2011 (Archive on Sunday, June 19, 2011)
Posted by host  Contributed by host
Return

Enter the code shown above:
Rating:
Comments:
Save

Current Rating: 2.71
Rating: 5
Rating: 3
y7p6pb
Rating: 3
Rating: 1
sedikit doangk
Rating: 3
Rating: 3
Rating: 1
kenapa kurang jelas hasil dari ktt ASEAN ini, kami s'bagi pelajar perlu informasi tentang ktt ASEAN dengan jelas dan tepat, dapat dimengerti, oleh ora
Copyright 2009 by Kemenko Polhukam   |  Privacy Statement  |  Terms Of Use